English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

TRANSLATION

Tuesday, September 18, 2012

Kesenian Tari dari Central Borneo

 
Seni tari suku dayak khususnya di daerah pedalaman baik laki2, perempuan, tua, muda hingga anak2 gemar menari. Biasanya mereka menari pada suatu acara tertentu atau dalam upacara adat dan di iringi suara alat2 musik yang mereka miliki.
Adapun nama2 tarian yang mereka kenal:
1)      Tari manganjan
tari manganjan ialah tarian sakral yang biasa di adakan dalam suatu ritual adat. Tari ini biasa di lakukan baik oleh laki2 atau perempuan sambil mengelilingi binatang purba. Seperti : kerbau, sapi, ayam yang akan di persembahkan dalam upacara Tiwah atau upacara keagamaan lainnya.
2)      Tari manasai
Tari manasai ialah pergaulan yang sangat di gemari dan digemari oleh masyarakat luas. Baik laki2, perempuan, tua, muda semua gemar manasai. yang merupakan ekspresi kegembiraan dalam setiap acara bergembira, baik dalam acara pernikahan, menyambut kedatangan tamu yang di hormati, dan semua acara gembira lain nya. Tari manasai sela0lu berputar mengelilingi sangkai lunuk atau benda lainnya yang sengaja di letakkan di tengah2.
3)      Tari kinyah/tari perang/tari mandau.
Tari kinyah/tari perang/tari mandau  ialah jenis tarian yangi pertontonkan kepada para tamu yang hadir dalam suatu acara tertentu dan merupakan tarian yang bernuansa keperkasaan seorang pahlawan dalam perang. Tarian ini bisa dilakukan oleh laki2 atau perempuan. Sambil menari penari memegang mandau dan telabang, kadang masih dilengkapi dengan sumpitan. Tari kinyah merupakan tradisi yang biasa dilaksanakn di daerah suku dayak, katingan, dan kahayan.
4)      Tari kinyah bawi
Tari kinyah bawi ialah tari yang di pertontonkan kepada para tamu yang hadir pada acara tertentu dan tari yang bernuansa keperkasaan seorang pahlawan dalam perang. Sambil menari penari memegang mandau dan telawang, tarian ini biasa dilakukan oleh kaum perempuan saja.pesan yang ingin disampaikan melalui tarian ini adalah bahwa untuk maju kemedan laga, bukan hanya laki2 yang mampu namun perempuan pun tidak ketinggalan siap berperang dan turut serta dalam perang demi mempertahankan kejayaan negerinya
5)      Tari deder
Tari deder ialah jenis tari gembira untuk menyambut kedatangan tamu dalam upacara adat. Tarian ini merupakan tradisi tarian di murung, tanah siang, barito hulu. Tarian ini bisa dilakukan berpasangan laki2 dan perempuan, boleh juga bergantian para penari dengan diiringi suara musik sambil menari menyanyikan lagu2 deder dengan kalimat2 spontan, bersahut-sahutan sambil sindir-menyindir dengan jenaka. Para penari mengelingi sangkai atau tiang, boleh didalam rumah juga dihalaman rumah.
6)      Tari kambang pandan.
Tari kambang pandan ialah tarian pergaulan muda-mudi yang berkembang di daerah Kobar.
7)      Tari giring2
ialah tarian yang berasal dari daerah Barito Selatan KalTeng. Penari boleh laki2 atau perempuan dan boleh juga berpasangan. Alat yang digunakan untuk tarian ini adalah seruas bambu yang telah di keringkan berukuran 1 - 1/2 meter, dalam bambu diisi batu kerikil atau benda2 kecil yang keras, dengan  maksud apabila bambu tersebut di goncang akan menghasilkan suara yang sesuai dengan suara musik yang mengiringi tarian , tarian ini biasa di adakan untuk menyambut tamu.
8)      Tari wadian bawo/ gelang bawo
Tari wadian bawo/ gelang bawo ialah tarian yang berasal dari daerah Kab.Barsel. Kalteng. Penarinya hanya laki2 yang jumlahnya tidak terbatas. Tarian melukiskan bagaimana seorang dukun laki2 mengobati seorang yang sedang sakit dengan cara memanggil roh2 jahat untuk tidak lagi menggangu si sakit. Kemudian memengging kembali roh si sakit untuk kembali dengan demikian  secara berangsur2 si sakit akan sembuh. Tarian ini biasanya diadakan pada acara pernikahan dan menyambut tamu yang di hormati.
9)      Tari wadian dadas/gelang dadas
Tarian ini sama dengan tarian bawo tetapi penari nya adalah hanya perempuan.
       10)Tarian bukas
Bukas adalah tarian dari daerah dayak maanyan dan suku dayak dusun. Tarian ini dilakukan oleh 1-7 orang, yang terdiri dari remaja laki2 dan perempuan. Alat yang digunakan dalam tarian ini ialah bambu dan tombak. Sambil menari mereka bernyanyi. Tarian ini di adakan untuk menyambut panglima setelah kembali dalam berperang.
       11)Tarian Selendang
Tarian selendang ialah tari yang biasa di lakukan oleh laki2 atau perempuan bergantian ataupun berpasangan. Mereka menari dengan selendang diletakkan terjuntai di tengkuk belakang dan kedua tangan memegang ujung2 selendang. Sambil menari dengan bebas dan kadang2 lutut ditekukkan dan mereka menyanyi denan syair spontan hingga penonton tertawa menyaksikan gaya dan syair lagu itu
       12)Tari dadeo/karang dadeo
Tari dadeo/karang dadeo Ialah jenis tarian gembira. Tarian ini boleh dilakukan oleh laki2 ataupun perempuan bergantian atau berpasangan. Bisa menggunakan selendangatau tidak menggunakan selendang.

No comments:

Post a Comment